PROPOSAL RENCANA PEMANFAATAN SUBSIDI MEDIA PEMBELAJARAN

PROPOSAL

RENCANA PEMANFAATAN SUBSIDI MEDIA PEMBELAJARAN

UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

SD BUMIRESO KECAMATAN WONOSOBO

KABUPATEN WONOSOBO

  1. A. PENDAHULUAN
    1. 1. Latar Belakang

Keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan syarat utama dalam upaya pencapaian tatanan masyarakat madani. Keunggulan Sumber Daya Alam tidak akan berarti banyak tanpa ketersediaan personal yang memiliki tingkat kemampuan yang memadai. Secara historis negara-negara yang memiliki SDM yang unggul cenderung lebih eksistensi dibandingkan dengan negara-negara yang yang hanya memiliki keunggulan sumber daya lainya. Dan kuat indikasi bahwa keunggulan SDM hanya akan tercipta melalui penyelenggaraan Pendidikan yang memadai. Oleh karena itu, Pemberian Pelayanan Pendidikan yang baik merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk menciptakan SDM yang unggul.

Secara umum dunia Pendidikan Indonesia dihadapkan pada tiga tantangan besar yaitu: tuntutan untuk mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai, peningaktan terhadap ekses iklim globalisasi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Otonomi Daerah. Disamping itu Pendidikan Nasional juga masih dihadapkan pada beberapa permasalahan lain yang menonjol yaitu, masih rendahnya pemerataan untuk memperoleh pendidikan, masih rendahnya kualitas dan relevasi pendidikan dan masih lemahnya manajemen pendidikan.

Terselenggaranya proses pendidikan yang baik sangat dipengaruhi oleh ketersediaan Media Pembelajaran yang memadai, di samping tiga komponen pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar. Oleh karena itu kami sangat memerlukan bantuan yang berupa alat media pembelajaran demi tercapainya peningkatan mutu pendidikan di sekolah kami.

Kenyataan diatas menyadarkan akan pentingnya usaha pemenuhan kebutuhan alat-alat penunjang proses belajar mengajar (sarana prasarana) pendidikan yang memadai, hal ini menjadi prioritas yang utama yang sangat mendesak untuk segera dipenuhi / dilengkapi.

  1. a. Data Sekolah

SD Bumireso didirikan pada tahun 1975 terletak di Kampung Mendolo Kelurahan Bumireso Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo menempati tanah seluas ± 2100 m2. SD Bumireso merupakan satu-satunya SD yang ada di kelurahan  Bumireso sehingga merupakan harapan bagi kemajuan pendidikan di kelurahan tersebut.

  1. b. Jumlah Guru

Jumlah Guru di SD Bumireso ada 11 orang yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah 6 Guru kelas 4 Mapel dengan pembagian tugas sebagai berikut:

NO NAMA L/P JABATAN KELAS
1 Lief Khomsatun, S.Pd

130 652 792

P Kepal Sekolah
2 Sudarmono

130 574 403

L Guru Kelas VI
3 Istindah Kusmaani

130 737 105

P Guru Kelas II
4 Partiyah

130 962 956

P Guru Kelas I
5 Siti Roliyah

131 383 803

P Guru PAI I – VI
6 Fajriyah

132 068 737

P Guru Kelas V
7 Nuryadi

131 515 590

L Guru Pnjaskes I – VI
8 Yayuk Sri Rahayu

112 500 238

P Guru Kelas IV
9 Jumiyem P Guru Kelas III
10 Haryanto L Guru Bahasa Inggris II  – VI
11 Asih Mihartati P Guru Bahasa Jawa I – VI
  1. c. Jumlah Siswa
No Kelas Banyak Kelas Murid
Awal Bel Keluar Akhir Bel
L P JML L P L P JML
1 I 1 20 21 41 20 21 41
2 II 1 12 12 24 12 12 24
3 III 1 19 19 38 19 19 38
4 IV 1 20 14 34 20 14 34
5 V 1 18 14 32 18 14 32
6 VI 1 19 16 35 19 16 35
6 108 96 204 108 96 204
  1. d. Jumlah Ruang
1. Ruang Kelas : 6 ruang
2. Ruang Kantor, Guru Dan Kepala Sekolah : 1 ruang
3. Ruang UKS dan Perpustakaan : 1 ruang
4. Kamar Kecil Siswa : 2 ruang
5. Kamar Kecil Guru : 1 ruang
6. Warung SD : 1 ruang
  1. e. Visi Misi
VISI : Iman dan Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Unggul dalam Prestasi Sopan Santun dalam Perilaku

MISSI :
  1. Melaksanakan pemberlajaran yang aktif kraetif, efektif dan menyenangkan
  2. Menciptakan lingkungan sekolah yang agamis indah dan nyaman
  3. Meningkatkan prestasi siswa di bidang akademis mauapun non akademis
  4. Melestarikan / mengembangkan budaya bangsa

  1. 2. Tujuan

Dengan Dana Subsidi Media Pembelajaran untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah bertujuan:

  1. Mendorong dan memberi motivasi kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar melalui berbagai fasilitas pembelajaran khususnya dengan menggunakan Buku Perpustakaan
  2. Melalui Media Pembelajran OHP siswa dapat memahami Mata Pelajaran yang disajikan Guru
  3. Siswa dapat menggunakan Alat Peraga Pembelajaran sesuai dengan Mata Pelajaran yang dibinanya, khususnya IPA dan Olah Raga

  1. 3. Sasaran

Mata Pelajaran yang menjadi sasaran utama bantuan Media Pembelajaran untuk peningkatan mutu pendidikan meliputi:

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Pendidikan Jasmani dan Olah Raga
  1. 4. Program dan Strategi
    1. Pengadaan Buku Ilmu Pengetahuan Sosial, meliputi:

Buku Perpustakaan IPS Kelas I – VI

  1. Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, meliputi:

OHP (Over Heard Projektor), Mikroskop

  1. Pengadaan Alat Pendidikan Jasmani, meliputi:

Stop  Watch, Bola Sepak, Bola Voly, Pemukul Rounders, Pemukul Kasti, Kaset Kawat Raunders.

  1. B. KEGIATAN DAN PEMBIAYAAN

Rencana Kegiatan dan Perkiraan Biaya

No Mata Pelajaran Kegiatan Biaya Ket
1 Ilmu Pengetahuan Sosial Pengadaan Buku Perpustakaan Buku IPS I – VI 4.488.000,00
2 Ilmu Pengetahuan Alam Pengadaan Alat Peraga Ipa

– Microcop

– Ohp

4.100.000,00
3 Pendidikan Jasmani Dan Olah Raga Pengadaan Alat Olah Raga

Stop  Watch, Bola Sepak, Bola Voly, Pemukul Rounders, Pemukul Kasti, Kaset Kawat Raunders

1.412.000,00

Wonosobo,    Juni 2007
Ketua Komite Kepala Sekolah
( CHARIS) ( LIEF KHOMSATUN, S.Pd.)
NIP : 130 652 796

1 Komentar (+add yours?)

  1. Machmuddipo
    Feb 12, 2014 @ 03:07:50

    Mohon copy buat contoh. Trims

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: